Kamis, 16 Juni 2016

Budaya, Makanan dan Ciri khas



Budaya Papua
Papua memiliki banyak suku yang beragam salah satunya adalah suku Dani suku yang memiliki populasi kurang lebih 25.000 jiwa yang disurvei pada tahun 2009 berdomisili di Lembah Baliem di wilayah Tengah,Papua. Suku ini pertama ditemukan oleh Lorentz peneliti asal Belanda pada tahun 1909-1910, pakaian adat yang digunakan laki-laki pada suku dani dan suku-suku papua lainya biasa memakai “Koteka”,yang merupakan penutup kemaluan pria yang terbuat dari labu kuning, terkadang juga menggunakan perhiasan yang sama seperti kalung ,ikat pinggang dari manik-manik serta taring babi yang menancap pada hidung, sedangkan para wanita menggunakan pakaian Wah yang terbuat dari rumput/jerami.
Makanan khas Papua
Papeda adalah makan seperti bubur yang lengket yang merupakan makanan khas papua yang terbuat dari sagu. Cara membuat papeda hanya merendam tepung sagu yang di siram dengan air panas lalu diaduk dengan  cepat agar tidak menggumpal.Papeda biasa dimakan dengan lauk ikan kuah kuning , ikan ini membantu memberikan rasa asam dan gurih  pada papeda yang rasanya tawar serta membantu kita memakan papeda yang lengket.
Tarian papua
Yospan atau biasa disebut Yosim Pancar yang didalamnya terdapat berbagai macam gerakan, tarian yang biasa di bawakan oleh masyarakat pantai dan pegunungan yang digunakan untuk menyambut para tamu atau dalam upacara adat yang disertai dengan bakar batu. Kebersamaan dan kekompakan sangat dibutuhkan dalam tarian ini. Pakaian dan aksesoris yang digunakan serta makeup yang menambah kesan papua yang indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar